Qasir memiliki fitur transaksi yang dapat digunakan oleh user untuk melakukan kegiatan jual beli produk/barang dagangan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa petunjuk dalam penggunaan fitur transaksi dalam aplikasi Qasir.

Saat pertama kali user mengakses menu transaksi pilih Mulai Jualan!

User akan melihat tampilan seperti dibawah ini :

  1. Mencari Produk

Kamu dapat mencari produk yang mau dijual saat melakukan kegiatan transaksi dengan mengisi nama produk pada form "Cari Produk"

2. Grid View
Fitur transaksi Qasir memiliki dua pilihan view yaitu:

  • List View
  • Grid View

Secara otomatis, saat kamu masuk kedalam menu transaksi akan ditampilkan dalam List View. Namun jika kamu ingin melihat daftar produk dalam bentuk Grid View, kamu bisa merubahnya dengan mengklik icon dibawah ini :

Setelah kamu mengklik icon tersebut, tampilan daftar produk kamu akan berubah menjadi seperti ini :

3.  Tambah Produk

Untuk menambah/memilih produk yang akan ditambahkan ke dalam transaksi, kamu dapat melakukan nya dengan mengklik icon produk yg kamu jual. Secara otomatis produk akan masuk ke keranjang belanja.  

4.  Mengurangi produk
Selain menambah produk, kamu juga dapat mengurangi produk pada saat kegiatan transaksi dengan mengklik icon "-"

5.  Metode Pembayaran
Setelah kamu selesai memasukkan produk yang ingin kamu jual dalam kegiatan transaksi, kamu bisa melanjutkan transaksi dengan mengklik icon "Jual"

Setelah kamu klik "Jual", kamu akan diarahkan menuju metode pembayaran dengan tampilan seperti ini :

Dalam metode pembayaran, kamu dapat melakukan beberapa hal yaitu:

  • Menyimpan Transaksi

Apabila kamu ingin menyimpan kegiatan transaksi yang sedang kamu lakukan, kamu dapat melakukan nya dengan mengklik "Simpan" pada pojok kanan atas halaman

  • Memberikan harga potongan (Diskon)

Kamu dapat memberikan harga potongan (diskon) dalam kegiatan transaksi yang sedang dilakukan dengan mengklik icon "Diskon"

  • Memberikan harga rujukan

Kamu dapat memberikan harga rujukan sesuai dari pembayaran yang pelanggan berikan pada saat kegiatan transaksi. Setelah kamu memilih harga rujukan, informasi kembalian akan langsung tertera pada tampilan seperti ini

  • Hapus Transaksi (Batal)

Apabila pada saat kegiatan transaksi ada pembatalan, kamu bisa menghapus transaksi dengan mengklik "Hapus Transaksi" dengan tampilan seperti ini

  • Bayar Transaksi (Selesai)

Jika transaksi sudah selesai, kamu dapat menyelesaikan transaksi dengan mengklik "Jual" dengan tampilan seperti

Qasir juga memiliki beberapa fitur transaksi lain yang dapat mempermudah transaksi kamu, beberapa diantaranya adalah:

  • Flash Transaction (Transaksi Mode Cepat)

Flash Transaction (Transaksi Mode Cepat) adalah mode transaksi yang dapat kamu gunakan dalam melakukan kegiatan transaksi dengan uang pas (tanpa kembalian dan potongan). Kamu dapat mengaktifkan transaksi mode cepat dengan mengklik icon dengan tampilan ini

  • Pending Transaction List (Daftar Transaksi yang Tersimpan)

Pending Transaction List adalah fitur yang dapat kamu gunakan untuk melihat daftar transaksi yang kamu simpan. Untuk melihat daftar nya, kamu dapat mengklik icon dengan tampilan seperti ini

  • Diskon (potongan) harga pada setiap produk

Kamu dapat memberikan diskon (harga potongan) pada masing-masing produk. Untuk memberikan diskon ke masing-masing produk, kamu dapat melakukannya dengan cara:

  1. Melakukan gerakan slide keatas pada daftar produk yang akan dijual, dapat dilihat seperti gambar berikut

2. Setelah kamu melakukan slide keatas, kamu akan melihat tampilan seperti ini. Kamu dapat memberikan diskon pada masing-masing produk dengan mengklik icon yang ditunjuk dibawah ini

3. Setelah kamu mengklik icon tersebut, kamu dapat memberikan diskon (nominal maupun persen) pada setiap produk dan klik "Simpan" pada tampilan ini

  • Tagihan tambahan

Kamu dapat memberikan tagihan tambahan pada setiap transaksi (kantong plastik, pajak), berikut adalah langkah dalam menambahkan tagihan dalam setiap transaksi:

  1. Melakukan gerakan slide keatas pada daftar produk yang akan dijual, dapat dilihat seperti gambar berikut

2. Setelah kamu melakukan slide keatas, kamu akan melihat tampilan seperti ini. Kamu dapat memberikan tagihan tambahan dengan mengklik "Tagihan Tambahan"

3. Setelah kamu mengklik "Tagihan Tambahan", kamu dapat memasukkan jumlah nominal tagihan dan klik "Simpan" pada tampilan ini

4. Setelah "Tagihan Tambahan" dimasukan lalu simpan dan beri keterangan misalkan "Ongkos Kirim"

5. Setelah disimpan slide ke atas untuk melihat rincian pesanan lalu pilih "Jual" untuk masuk ke menu "Pembayaran"

6. Dilayar ini anda bisa memilih referensi nominal uang yang diterima, misalkan "Uang Pas" untuk pembayaran dengan uang tunai.

7. Setelah selesai pilih "Bayar" dan transaksi telah berhasil.

9. Kamu juga dapat bertransaksi dengan pembayaran Non Tunai. Namun Pembayaran non tunai hanya label saja, tidak langsung terintegrasi dengan pihak pembayaran non tunai tersebut.

10. Setelah melakukan pembayaran, transaksi kamu berhasil dilakukan


Kalau masih ada pertanyaan seputar artikel ini dapat langsung hubungi Customer Happiness Qasir melalui Live Chat di Bantuan Qasir maupun Website Qasir dan Contact Center hello@qasir.id. Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru dari Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?