Qasir memiliki fitur kasbon yang dapat digunakan oleh user untuk menyimpan transkasi yang belum lunas dari para customernya. Berikut adalah beberapa petunjuk dalam penggunaan fitur kasbon.

  1. Masuk Menu Beranda, kemudian pilih "Mulai Jualan" seperti gambar dibawah ini :

2. Setelah memilih "Mulai Jualan" berikutnya pilih produk yang ingin dijual dan klik tombol "Jual"

Kamu juga bisa klik icon pelanggan untuk menambahkan data pelanggan yang melakukan transkasi.

3. Kamu bisa pilih nama pelanggan yang sudah ada sebelumnya atau kamu bisa klik "Tambah" untuk menambahkan data pelanggan yang baru.

4. Setelah kamu klik "Jual" kamu bisa pilih kolom "Kasbon" untuk menyimpan transaksi yang terhutang.

5. Setelah kamu klik "Kasbon", maka akan muncul kolom untuk input tenggat waktu yang kamu berikan kepada pelanggan untuk melunasi transaksi yang terhutang.

Setelah itu maka transaksi hutang sudah tersimpan.

6. Setelah transaksi kasbon tersimpan dan kamu ingin mengecek laporannya kamu bisa klik menu "Riwayat Transaksi".

Selanjutnya kamu bisa pilih kolom "Kasbon" untuk melihat transkasi apa saja yang masuk dalam laporan Kasbon.

7. Jika sudah waktunya jatuh tempo akan muncul notifikasi atau pemberitahuan seperti gambar dibawah ini

8. Saat pelanggan kamu ingin melunasi hutangnya, maka kamu bisa klik transaksi yang terhutang lalu kamu bisa klik tombol "Lunasi"

9. Selanjutnya kamu bisa input nominal uang yang dibayarkan oleh pelanggan dan klik "Terima".

10. Maka transaksi yang sebelumnya terhutang, akan lunas saat pelanggan melakukan pembayaran di hari tenggat waktu yang ditentukan. Transaksi akan tercatat di hari pembayaran dan akan terdata di Riwayat Transaksi dengan transaksi lunas.

Kamu juga dapat lihat Laporan Transaksi Kasbon pada Laporan Konsumen yang terdapat di Qasir Web.

11. Pilih menu Konsumen, klik Aksi, pilih Selengkapnya

12. Maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini. Kamu dapat klik Daftar Kasbon untuk melihat transaksi pelanggan yang kasbon dan belum dilunasi. Untuk pelunasan transaksi kasbon hanya dapat dilakukan melalui aplikasi, tidak dapat dilunasi melalui Qasir Web. 




Kalau masih ada pertanyaan seputar artikel ini dapat langsung hubungi Customer Happiness Qasir melalui Live Chat di Bantuan Qasir maupun Website Qasir dan Contact Center hello@qasir.id. Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru dari Qasir. 

Apakah Anda menemukan jawaban?