Qasir memiliki fitur transaksi yang dapat digunakan oleh user untuk melakukan kegiatan jual beli produk/barang dagangan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa petunjuk dalam penggunaan fitur transaksi dalam aplikasi Qasir.

Saat pertama kali user mengakses menu transaksi pilih Mulai Jualan!

User akan melihat tampilan seperti dibawah ini :

  1. Mencari Produk

Kamu dapat mencari produk yang mau dijual saat melakukan kegiatan transaksi dengan mengisi nama produk pada form Cari Produk atau mencari produk dengan Scan Barcode menggunakan kamera handphone seperti gambar dibawah ini : 

2.  Tambah Produk

Untuk menambah/memilih produk yang akan ditambahkan ke dalam transaksi, kamu dapat melakukan nya dengan mengklik icon produk yg kamu jual. Secara otomatis produk akan masuk ke keranjang belanja.  

3.  Mengurangi produk
Selain menambah produk, kamu juga dapat mengurangi produk pada saat kegiatan transaksi dengan swipe untuk melihat rincian pesanan. Lalu kamu bisa klik icon edit

Selanjutnya, kamu bisa klik tombol "-" untuk mengurangi stok-nya

4.  Metode Pembayaran
Setelah kamu selesai memasukkan produk yang ingin kamu jual dalam kegiatan transaksi, kamu bisa melanjutkan transaksi dengan mengklik icon "Tagih"

Setelah kamu klik "Tagih", kamu akan diarahkan menuju dua metode pembayaran tunai dan non tunai dengan tampilan seperti ini :
Tunai

Non Tunai
Kamu juga dapat bertransaksi dengan pembayaran Non Tunai. Namun Pembayaran non tunai hanya label saja, tidak langsung terintegrasi dengan pihak pembayaran non tunai tersebut.
Khusus DANA sudah terintegrasi.

Dalam metode pembayaran, kamu dapat melakukan beberapa hal yaitu:

  • Menyimpan Transaksi

Apabila kamu ingin menyimpan kegiatan transaksi yang sedang kamu lakukan, kamu dapat melakukan nya dengan mengklik icon seperti dibawah ini

  • Memberikan harga potongan (Diskon)

Kamu dapat memberikan harga potongan (diskon) dalam kegiatan transaksi yang sedang dilakukan dengan mengklik icon "Diskon"

  • Memberikan harga rujukan

Kamu dapat memberikan harga rujukan sesuai dari pembayaran yang pelanggan berikan pada saat kegiatan transaksi. Setelah kamu memilih harga rujukan, informasi kembalian akan langsung tertera pada tampilan seperti ini

  • Hapus Transaksi (Batal)

Apabila pada saat kegiatan transaksi ada pembatalan, kamu bisa menghapus transaksi dengan mengklik "Hapus Transaksi" dengan tampilan seperti ini

  • Bayar Transaksi (Selesai)

Jika transaksi sudah selesai, kamu dapat menyelesaikan transaksi dengan mengklik "Tagih" dengan tampilan seperti

Qasir juga memiliki beberapa fitur transaksi lain yang dapat mempermudah transaksi kamu, beberapa diantaranya adalah:

  • Diskon (potongan) harga pada setiap produk

Kamu dapat memberikan diskon (harga potongan) pada masing-masing produk. Untuk memberikan diskon ke masing-masing produk, kamu dapat melakukannya dengan cara:

  1. Melakukan gerakan slide keatas pada daftar produk yang akan dijual, lalu kamu bisa klik ikon edit seperti gambar dibawah ini :

2. Setelah kamu mengklik icon tersebut, kamu dapat memberikan diskon (nominal maupun persen) pada setiap produk dan klik "Simpan" pada tampilan ini

  • Tagihan tambahan

Kamu dapat memberikan tagihan tambahan pada setiap transaksi (ongkos kirim), berikut adalah langkah dalam menambahkan tagihan dalam setiap transaksi :

kamu bisa klik ikon seperti dibawah ini :

lalu nantinya kamu bisa isi nominal yang diinginkan dan wajib memberikan keterangan untuk tagihan tambahannya. Jika sudah maka kamu bisa klik "Tambah ke keranjang"

  • Pajak

Kamu dapat memberikan Pajak pada setiap produk, berikut adalah langkah dalam menambahkan pajak dalam transaksi :

  1. Kamu bisa ke menu "Pengaturan" lalu nantinya kamu bisa pilih menu "Pajak"

2. Lalu kamu bisa klik ikon "+" untuk menambah pajak lainnya.

Lalu kamu bisa input "Nama Pajak", "Persentase Pajak". Lalu untuk produk yang kena pajak bisa dipilih di menu "Produk Kena Pajak". Jika sudah maka kamu bisa klik "Simpan" maka nantinya jika produk yang kena pajak terjual maka secara otomatis akan muncul tagihan untuk pajaknya.


Kalau masih ada pertanyaan seputar artikel ini dapat langsung hubungi Customer Happiness Qasir melalui Live Chat di Bantuan Qasir maupun Website Qasir https://bantuan.qasir.id dan Contact Center hello@qasir.id. Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru dari Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?