Dashboard pada Backoffice dapat diakses oleh orang yang terdaftar sebagai Owner dan Supervisor pada akun Qasir. Kamu bisa masuk ke Backoffice melalui www.qasir.id ataupun dengan memasukkan URL tokomu yang kamu dapat pada saat pertama kali mendaftar aplikasi POS Qasir. Untuk melihat kembali URL toko kamu, begini caranya:

Login aplikasi Qasir pada handphone atau tablet pemilik akun

Jika sudah tampil halaman seperti berikut ini, kamu bisa temukan URL toko kamu pada tempat yang diberi tanda panah seperti tampilan di bawah. Nama toko yang tercantum ini adalah Subdomain kamu.

Masukkan URL tadi dengan menggunakan browser melalui tablet ataupun Personal Computer (PC). Karena Dashboard berisi laporan yang cukup komprehensif, kami sarankan menggunakan PC atau laptop untuk tampilan yang lebih jelas. Setelah berhasil masuk Backoffice, maka muncul halaman seperti ini.

Untuk dapat melihat Dashboard, kamu harus login terlebih dulu. Login dapat dilakukan dengan memasukkan nomor handphone yang terdaftar, juga password. Jika Supervisor ingin melakukan login, prosesnya sama, tinggal mengetik nomor handphone dan password yang didaftarkan pada menu Pegawai.

Selain dengan cara tadi, kamu juga dapat mengakses Backoffice melalui www.qasir.id dengan meng-klik tombol Masuk.

Jika tampilan sudah seperti di bawah ini, masukkan Subdomain kamu. Subdomain yaitu nama usaha yang sesuai yang kamu daftarkan di aplikasi Qasir, jika terdapat spasi pada nama usaha, gunakan tanda (-) sebagai pengganti spasi. Subdomain berisi huruf kecil semua. Contohnya: Qasir Food, maka subdomain-nya adalah qasir-food. Setelah itu, klik tombol Selanjutnya

Setelah keluar tampilan halaman seperti di bawah ini, ketik nomor handphone dan PIN kamu, kemudian klik Masuk.

Kalau sudah berhasil akses Backoffice, akan muncul tampilan Dashboard-nya seperti di bawah ini. Sekarang kamu sudah bisa mulai me-monitoring toko kamu melalui Dashboard.

Cara Lihat Laporan Bisnis Secara Rinci pada Dashboard

Kamu bisa melihat berbagai macam laporan pada Dashboard. Caranya, setelah login, klik Outlet yang ingin kamu lihat Laporan-nya. Atau, kamu juga bisa pilih Semua Outlet jika ingin melihat Laporan semua outlet.

Pada menu Laporan terdapat pilihan

  1. Ringkasan Penjualan
  2. Penjualan Per Produk
  3. Penjualan Per Kategori
  4. Penjualan Per Merek
  5. Laporan Pajak
  6. Laporan Pelanggan
  7. Laporan Pegawai
  8. Metode Pembayaran
  1. Ringkasan Penjualan: Kamu bisa mengetahui Total Penjualan, Total Diskon yang telah diberikan juga Total Pajak. Perhitungan ini menghasilkan Total Penjualan Kotor. Kamu bisa juga melihat Total Keuntungan, yaitu hasil Penjualan Kotor dikurangi Harga Modal.

2. Penjualan Per Produk: Kamu bisa mengetahui rincian Nama Produk, Jenis SKU, dan jumlah yang terjual. Total Penjualan Kotor didapatkan dari hasil Nominal Terjual ditambah Nominal Pajak.

3. Penjualan Per Kategori: Kamu bisa melihat rincian Laporan Per Kategori seperti berapa banyak yang terjual pada kategori tersebut dan total penjualan. Lalu ada juga laporan untuk pajak yang kamu bebankan kepada produk tersebut.

4. Laporan Per Merek: Sama halnya seperti Laporan Per Kategori, kamu bisa melihat laporan berdasarkan merek dan berapa jumlah dan nominal yang telah terjual, termasuk total pajak yang telah kamu bebankan ke merek tersebut.

5. Laporan Pajak: Di menu ini kamu bisa mengetahui total pajak yang kamu berlakukan untuk toko kamu. Seperti total PPN dan total pajak lainnya.

6. Laporan Pelanggan: Kamu bisa melihat laporan pelanggan yang loyal dengan mengetahui Total Kunjungan dan Total Transaksi dari pelanggan tersebut. Selanjutnya kamu bisa juga lihat secara detail transkasinya, baik itu yang lunas ataupun kasbon.

7. Laporan Pegawai: Kamu bisa monior aktivtias ataupun pencapaian pegawai kamu berdasarkan keterangan total transaksi dan total penjualan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui secara detail kontribusi pegawai kamu terhadap transaksi yang ada di toko kamu. Jika ada kejanggalan dalam transaksi ataupun stok produk, kamu pun bisa memantaunya berdasarkan akun pegawai yang login pada saat itu.

8. Metode Pembayaran: Di sini kamu bisa mengetahui total transaksi berdasarkan metode pembayarannya, mulai dari tunai, nontunai, ataupun nontunai digital. Dengan begitu kamu bisa tahu metode pembayaran jenis apa yang paling disukai pelanggan tokomu.

Selain laporan secara rinci, kamu juga bisa melihat laporan Riwayat Transaksi,  yang mencangkup total penjualan kotor, jumlah transaksi, status transaksinya, nomor struk, waktu transaksi, metode pembayaran, outlet yang melakukan transaksi serta nama pegawai.

Kamu bisa juga searching sesuai data yang ingin kamu ketahui, sehingga makin mempermudah kamu dalam pengecekan transaksi.

Jika masih ada pertanyaan seputar penggunaan Backoffice, langsung hubungi Customer Happiness Tim Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan melalui aplikasi Qasir maupun Website Qasir dan Contact Center hello@qasir.id.

Apakah Anda menemukan jawaban?