Kamu ingin memiliki website untuk usaha namun tidak ada waktu untuk membuatnya? Tidak perlu khawatir. Qasir bisa membantu kamu memiliki website untuk mempromosikan produk dan usaha kamu. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah update aplikasi Qasir ke versi terbaru ya dan akunmu sudah berlangganan Qasir pro.

Jika sudah, berikut langkah-langkah penggunaannya:

Kamu bisa langsung klik bagian Katalog Online seperti gambar di bawah ini.

Jika kamu sudah klik bagian Katalog Online maka kamu dapat klik "Business Website"

Lalu nantinya kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini. Kamu bisa mengisi empat bagian dalam pengaturan di bawah ini untuk ditampilkan dalam website-mu.

1. Edit Profil Usaha 

Pada menu Edit Profil Usaha, kamu bisa masukkan Logo Usaha kamu dengan format PNG atau JPG.

Alamat website secara otomatis akan mengikuti nama subdomain. Namun jika kamu ingin melakukan edit alamat website, tentu saja bisa. Namun pastikan alamat website tidak melebihi 50 karakter.

Atur Outlet , pada bagian ini bisa digunakan jika kamu memiliki lebih dari satu outlet untuk mengaktifkan outlet mana saja yang dapat dilakukan pembelian, Ini bertujuan agar nantinya semua outlet akan muncul pada halaman website. Jangan lupa untuk mengisikan Kecamatan serta Kode Pos di masing-masing outlet yang ingin kamu aktifkan serta mengaktifkan tombol "Aktifkan Pembelian di Outlet" dan klik Simpan.

Jam Operasional , Pada bagian Jam Operasional ini kamu dapat mengatur Hari, Jam Buka dan Jam Tutup toko. Jika sudah kamu atur, klik Simpan. Nantinya Jam Operasional toko akan muncul di halaman Website Usaha ketika pembeli masuk ke halaman pemesanan online.

Deskripsi Toko, Kamu bisa juga input deksripsi pada website kamu untuk beritahu pelanggan informasi lengkap tentang tokomu biar mereka lebih yakin saat membeli. Maksimal deskripsi yang bisa di input yaitu 250 karakter.

Jika semuanya sudah diinput, maka kamu bisa klik Simpan.

2. Atur Link Toko

Pada bagian Atur Link Toko, kamu bisa pilih toko online (marketplace) mana saja yang ingin dihubungkan. Contohnya: Jika kamu sudah memiliki toko di marketplace Shopee dan Tokopedia, maka kamu bisa memasukkan link yang terhubung langsung ke dari toko kamu di marketplace tersebut. Ini berlaku juga untuk link Go-Food dan GrabFood untuk usaha FnB. Dan di bagian Atur Link Toko ini juga terdapat Link Toko website kamu yang bisa kamu salin untuk di bagikan ke pelangganmu.

3. Tema Link Toko

Kamu dapat memilih tema halaman Link Toko-mu sesuai dengan keinginanmu. Dengan memilih tema Link Tokomu ini juga bisa kamu gunakan untuk dibagikan ke media sosialmu. Tema Link Toko ini fungsinya Satu Link untuk semua usaha caranya dengan klik Simpan setelah memilih Tema untuk di terapkan, kemudian klik Lihat Tampilan Website.

Nantinya pada tampilan browser seperti gambar dibawah ini Untuk Linknya bisa kamu salin dan kamu bagikan ke pelangganmu.

4. Katalog Online
Untuk Katalog Online nantinya kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini. Kamu bisa mengisi tiga bagian dalam pengaturan di bawah ini untuk ditampilkan dalam website-mu.

Atur Katalog, Produk yang ada pada aplikasi Qasir bisa muncul dalam website kamu. Hebat, kan? Caranya: Klik Atur Katalog kemudian pilih salah produk yang kamu inginkan untuk ditampilkan ke website usahamu. Untuk produk terintegrasi langsung dari aplikasi Qasir namun saat ini belum dapat memunculkan jumlah stok. Aktifkan tombol Tampilkan Produk seperti pada gambar di bawah ini dan klik Simpan.

Atur Pengiriman, pada bagian ini kamu dapat mengatur Pengiriman Tokomu dengan memilih layanan pengiriman sesuai dengan jenis usahamu atau kamu bisa centang "Pilih Semua" jika memang kamu memilih semua layanan pengiriman agar kamu tidak mencetang satu persatu dan klik Simpan.

Terima Transaksi Online, kamu bisa juga menerima transaksi atau pesanan melalui website usaha kamu. Caranya: aktifkan tombol Terima Transkasi Online dan klik Simpan. Pada bagian ini kamu juga bisa memasukkan Nomor Whatsapp aktifmu (Penerima Order) agar pelangganmu bisa menghubungimu langsung ke nomor whatsapp yang tersambung tersebut untuk menanyakan ketersediaan stok yang ada.

Jika kamu tidak mengaktifkan Terima Transaksi Online ini maka pelangganmu nantinya hanya dapat melihat halaman detail produk saja namun tidak dapat memasukkan produk kedalam keranjang.

Pembayaran Online, dengan mengaktifkan pembayaran online nantinya pelanggan kamu bisa memilih Metode Pembayaran online yang di inginkan pada saat checkout pesanannya.

Selanjutnya, jika sudah selesai meng-input, klik Simpan Pengaturan seperti gambar dibawah ini. Jika sudah, website kamu pun bisa di akses oleh pelanggan kamu.

Lalu akan muncul keterangan Websitemu berhasil dibuat beserta link-nya (bagian yang dilingkari). Kamu bisa share link ini ke siapa saja yang ingin mengetahui informasi mengenai usahamu.

Mudah kan prosesnya? Sekarang kamu sudah punya website usaha sendiri. Seperti inilah tampilan website-nya.

Lalu kamu ingin tahu cara-nya agar pelanggan kamu bisa melakukan pesanan via website usaha? caranya gampang kok.

Pelanggan kamu bisa klik menu yang ingin di pesan lalu tekan tombol Masukkan Keranjang agar pesanannya langsung masuk dalam list pesanan. Jika pelanggan tap button Masukkan Keranjang sebanyak satu kali maka akan masuk ke keranjang secara otomatis dengan jumlah quantity 1 dan akan muncul keterangan produk berhasil di tambahkan. Ini hanya berlaku untuk produk yang tidak memiliki varian. Pada gambar dibawah ini adalah detail produk yang tidak memiliki varian di tampilan mobile.

Dan berikut ini tampilan apabila pelanggan kamu melakukan pesanan melalui dekstop nantinya akan langsung terlihat jumlah Quantity yang di inginkan tanpa tap button Masukkan Keranjang berulang kali jika pembeliannya lebih dari 1 quantity.

Sedangkan pada gambar dibawah ini apabila produk kamu memiliki beberapa varian maka akan muncul screen untuk memilih varian yang ingin dimasukkan ke keranjang oleh pelangganmu. Jika pelangganmu sudah memilih varian maka bisa di klik Masukkan Keranjang.

Setelah semua pesanan sudah masuk dalam keranjang belanja maka pelanggan kamu cukup klik Lanjut nantinya pelanggan kamu akan di arahkan untuk mengisi Data Pembeli yang berisikan Nama Lengkap Penerima, Email Aktif, No. HP Penerima, Kecamatan Penerima, Kode Pos dan Alamat Lengkap Penerima. Setelah itu memilih Metode Pengiriman dan lanjutkan kembali dengan klik Buat Pesanan. Sebelum pesanan pelanggan di proses dengan klik Pesan Sekarang, akan tampil Detail Pembelian yang sudah pelangganmu pilih sebelumnya.

Jika pelanggan sudah menyelesaikan pesanannya, pada aplikasi Qasirmu akan masuk notifikasi "Pesanan Baru Website Usaha" di handphonemu. Kamu bisa cek pada bagian Pesanan Online lalu silahkan klik Proses Pesanan untuk melanjutkan pesanan pelangganmu tersebut.

Untuk detail Pesanan Online akan tampil Pesanan Baru, Diproses, Dikirim, dan Selesai.

Jika masih ada pertanyaan seputar Kelola Website Usaha, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir. 

Apakah Anda menemukan jawaban?