Kamu ingin mulai mengembangkan usahamu ke ranah online? Jika kamu sudah menggunakan aplikasi Qasir, pilihan kamu sudah tepat.

Saat ini fitur Website Usaha dari Qasir sudah melakukan pengembangan untuk memudahkan kamu jualan online, sekaligus memudahkan pelangganmu dalam melakukan pesanan ke tokomu.

Peningkatan ini mencakup integrasi sistem order management Website Usaha dengan aplikasi Qasir, penambahan data pembeli, dan perhitungan ongkos kirim. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah update aplikasi Qasir ke versi terbaru ya! Jika sudah, berikut langkah-langkah penggunaannya:

Pengaturan Pesanan Online di Website Usaha

Kamu sebagai penjual dapat melakukan Pengaturan Pesanan Online dari Website Usaha melalui aplikasi Qasir di handphone-mu.

Berikut langkah-langkah pengaturan agar kamu bisa menerima pesanan online melalui Website Usaha :

  1. Buka menu "Website Usaha" lalu pada bagian kelola website usaha, klik "Katalog Online"
  2. Pada setting katalog online, kamu akan mendapatkan 2 sub menu baru: Ambil di tempat dan Durasi pengiriman.

    Seperti gambar dibawah ini :

3. Pada bagian "Ambil di Tempat" kamu dapat memilih outlet mana yang bisa melayani "Ambil di Tempat ". Jika sudah sesuai silahkan diklik "Simpan".

4. Pada pengaturan "Durasi Pengiriman", kamu dapat memilih lama waktu pengiriman yang dapat dipilih oleh pelanggan saat check out di Website Usaha.

Nantinya pelanggan bisa memilih lama waktu pengiriman berdasarkan jasa pengiriman yang akan kamu gunakan.

Cara melakukan pesanan melalui Website Usaha (untuk pelanggan)

  1. Jika pelanggan sudah memilih produk yang akan dipesan pada Website Usaha, maka pelangan bisa mengkonfirmasi stok produk yang dipesannya ke nomer WhatsApp yang telah kamu daftarkan. Seperti ini tampilannya.

2. Pada halaman Keranjang Belanja, pelanggan dapat mengubah jumlah pesanan dan isi keranjangnya. Pelanggan juga bisa memilih outlet tempat pesanan disiapkan. Jika pesanan sudah oke semua, pelanggan tinggal mengklik "Informasi Pengiriman".

3. Pada bagian informasi pengiriman, pelanggan kamu akan diminta untuk mengisi kolom Nama Lengkap Penerima, No HP Penerima, Kota Penerima, serta Alamat Lengkap Penerima untuk kebutuhan pengiriman.

4. Setelah mengisi informasi pengiriman, pelanggan akan diberikan halaman review untuk konfirmasi apakah pesanan dan informasi pengiriman sudah benar.

Seperti ini tampilannya.

5. Selanjutnya pelanggan dapat memilih lama waktu pengiriman, sesuai dengan biaya kirim yang diinginkan. Untuk layanan pengiriman tersedia pilihan : Instant, SameDay, Reguler, Next Day, dan Lainnya.

6. Setelah Pelanggan mengisi informasi pengiriman lengkap dengan pilihan waktu pengiriman, maka pelanggan kembali akan diberikan halaman review pesanan. Jika sudah sesuai, tinggal mengklik Buat Pesanan.


Seperti gambar dibawah ini :

7. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Halaman ini menandakan bahwa pesanan telah diteruskan ke penjual.

Cara menerima pesanan online dari Website Usaha (untuk penjual)

Kamu sebagai penjual akan menerima notifikasi pesanan online dari Website Usaha secara langsung dari aplikasi Qasir di handphone-mu pada menu "Pesanan Online".

Berikut langkah-langkah mengelola pesanan yang masuk.

  1. Pada bagian "Pesanan Online" kamu sebagai penjual dapat melihat pesanan apa saja yang sudah masuk di list kolom "Diterima" lengkap dengan notifikasi angka di sampingnya, menandakan ada berapa banyak pesanan yang masuk dari pelanggan.

    Seperti dapat dilihat di gambar ini :

2. Ketika notifikasi pesanan dibuka, kamu dapat melihat detail pesanan dan informasi pembeli. Kamu juga dapat menghubungi pembeli jika ingin mengkonfirmasi pesanan.

3. Jika pada saat konfirmasi ada perubahan pesanan, maka kamu dapat melakukan perubahan dengan klik “Ubah Pesanan”. Jika sudah sesuai, klik "Simpan".

4. Kamu dapat menghitung ongkos kirim dengan klik “Tambah Ongkos Kirim”. Terdapat juga jasa pengiriman yang dapat dipilih termasuk berapa ongkos kirim yang dibebankan.

5. Setelah pelanggan memilih jasa pengiriman / ekspedisi, ongkir akan ditambahkan ke dalam harga total. Jika ingin mengubah ekspedisi yang telah dipilih sebelumnya, maka kamu dapat mengubah kembali ongkos kirimnya dengan mengklik "Ubah Ongkos Kirim".

6. Setelah ongkos kirim ditambahkan, kamu sudah dapat memproses pesananmu.

7. Kamu juga sudah dapat mengubah status menjadi dikirim dan menyelesaikan pesanan dengan cara klik " Selesai ".

Contohnya seperti gambar dibawah ini :

8. Apabila transaksi sudah selesai, kamu bisa mencetak atau mengirimkan struk digital, karena transaksi dari Website Usaha otomatis masuk dalam sistem POS aplikasi Qasir kamu.


Seperti ini tampilan pada saat transaksi selesai.

Struk sudah bisa kamu kirimkan ke pelanggan


Demikian cara penggunaan Website Usaha untuk jualan online kamu. Jika masih ada pertanyaan seputar Website Usaha, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?