Jika kamu menerima pelanggan yang kebetulan kurang uang belanjaannya, tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mencatatnya di sistem POS Qasir kamu.

Kini ada fitur Uang Muka, di mana kamu bisa mencatat uang muka ataupun uang yang baru dibayar sebagian dari jumlah total belanjanya. Artinya, semua transaksi yang belum lunas atau baru dibayarkan sebagian oleh pelanggan tetap aman tercatat di sistem Qasir.

Cara Mengaktifkan Fitur Uang Muka


1. Melalui halaman transaksi Kasbon.

Jika kamu belum mengaktifkan fitur Uang Muka pada aplikasi Qasir maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini di bagian transaksi kasbon. Selanjutnya, lakukan pengaktifan.

2. Melalui menu Beranda Qasir.


Untuk melakukan pembelian fitur ini di menu Beranda, kamu cukup membuka menu Beranda pada aplikasi Qasir dan pilih Fitur Uang Muka. Kamu hanya perlu membayar sekali saja untuk pengaktifan fitur ini selamanya.

Cara menggunakan fitur Uang Muka

Jika kamu sudah melakukan pengaktifan fitur, kamu sudah bisa langsung menggunakannya.

  • Setelah aktif, tampilan pada bagian transaksi kasbon akan seperti berikut ini.

  • Selanjutnya kamu dapat mengaktifkan tombol Uang Muka untuk pelanggan yang hanya membayarkan transaksinya sebagian saja.

    Kamu juga harus memasukkan nominal uang muka yang dibayarkan oleh pelanggan serta metode pembayarannya.
  • Selanjutnya pada transaksi kasbon ini akan muncul keterangan tambahan berupa "Uang Muka", yang menandakan bahwa dalam transaksi tersebut telah terjadi pembayaran uang muka.

  • Kamu juga dapat melakukan cetak struk dan kirim struk untuk transaksi kasbon yang sudah dilakukan.

Cara mengecek detail transaksi uang muka melalui Dashboard Qasir

  • Untuk kamu yang sudah menggunakan fitur Uang Muka, kamu juga dapat melakukan pengecekan laporan secara detail melalui Dashboard Qasir.
  • Caranya login Backoffice Qasir (caranya klik di sini), lalu Laporan Pelanggan
  • Setelah itu kamu bisa melihat nama pelanggan, nomor HP, total kunjungan, nominal transaksi, nominal kasbon serta nominal uang muka yang sudah dibayarkan.

    Seperti gambar dibawah ini :

Jika masih ada pertanyaan seputar fitur ini, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir pada menu Bantuan yang ada di Aplikasi. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram Qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?