Kamu ingin aplikasi Qasir kamu terintegrasi dengan GrabFood agar pesanan GrabFood kamu otomatis tercatat di sistem POS Qasir? Atau kamu ingin aplikasi Qasir bisa membantu kamu mengelola produk dan terima pesanan langsung GrabFood?

Keinginan kamu sudah bisa terwujud! Qasir sudah terintegrasi layanan GrabFood, sehingga kamu bisa kelola produk / menu dan pesanan GrabFood dari satu aplikasi saja, Qasir.

Beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu memanfaatkan layanan Integrasi GrabFood dari Qasir :

  • Sinkronisasi produk di Qasir dengan menu GrabFood
  • Atur harga dan stok GrabFood langsung dari Qasir
  • Atur urutan menu dan kategori Grabfood dari Qasir
  • Terima dan kelola pesanan GrabFood melalui Qasir
  • Riwayat transaksi GrabFood tersimpan di sistem Qasir

Yuk simak cara mengaktifkan Integrasi GrabFood dari Qasir langsung

Ada dua periode berlangganan yang kamu bisa dipilih:

- Langganan 6 bulan

- Langganan 12 bulan

1. Untuk mengaktifkan Integrasi GrabFood di aplikasi Qasir kamu bisa mengaktifkan langsung pada menu "Beranda" di bagian "Premium Store" pada bagian yang diberi tanda panah di bawah ini.


2. Setelah kamu klik Integrasi GrabFood pada bagian Premium Store, maka kamu akan diarahkan langsung untuk melakukan pengisian " Form Pendaftaran Premium Fitur Integrasi GrabFood ke Qasir " .

3. Apabila sudah dilakukan pengisian, selanjutnya akan ada tim Qasir yang menghubungi kamu untuk membantu kamu melanjutkan proses aktifasi / pendaftaran fitur Integrasi GrabFood.

4. Tim kami juga akan memeriksa kembali kelengkapan data pada Form Pendaftaran Integrasi GrabFood. Jika semua sudah lengkap dan sesuai, maka tim Qasir akan mengaktifkan Integrasi GrabFood ke akun kamu.

5. Jika akun kamu sudah diaktifkan maka di aplikasi Qasir yang kamu miliki akan muncul notifikasi "Fitur Premium Telah Aktif". Selanjutnya kamu sudah bisa melakukan pengaturan untuk menu pada aplikasi GrabFood melalui aplikasi Qasir.

A. Pengaturan GrabFood dari aplikasi Qasir

Setelah kamu mengaktifkan Fitur Premium Integrasi dengan GrabFood selanjutnya kamu akan diarahkan ke menu Pengaturan, di mana pada menu ini terbagi menjadi 4 Pengaturan.

1. Pengaturan Outlet

Pengaturan outlet ini berfungsi untuk menguhubungkan outlet yang kamu miliki pada aplikasi Qasir dengan outlet di akun GrabMerchant.
Untuk mengaturnya dapat dilakukan dengan cara :

  • Klik menu Kanal Jualan Online
  • Lalu pilih bagian GrabFood
  • Kemudian kamu akan dapat mengisi data outlet sesuai nama dan alamat yang terdaftar di aplikasi GrabFood Merchant yang kamu miliki.
    Jika sudah sesuai maka kamu cukup klik Lanjutkan Atur Outlet.

Note : Jika kamu memiliki outlet lebih dari satu maka kamu cukup mengaktifkan Integrasi GrabFood ini melalui akun Pemilik saja, selanjutnya cukup kamu atur saja outletnya seperti yang kami infokan diatas.

2. Pengaturan Kategori

Pengaturan Kategori ini befungsi untuk mengatur kategori dan produk yang akan ditampilkan pada menu GrabFood. Tapi pastikan terlebih dahulu kalau sebelumnya kamu sudah melakukan pengaturan outlet.

Selanjutnya, masuk kedalam All Day Menu, untuk mengatur atau menambahkan kategori produk.

Cara menambahkan kategori

  • Klik Tambah Kategori Baru untuk menambahkan kategori produk
  • Setelah kamu klik Tambah Kategori Baru maka kamu akan melihat tampilan seperti ini dimana kamu dapat memasukkan Nama Kategori Produk. Jika sudah sesuai dapat klik Simpan.
  • Kategori baru yang sudah kamu tambahkan akan muncul di daftar list kategori.
  • Kategori yang sudah kamu tambahkan ini masih bisa kamu lakukan edit dan hapus.

    Note :
    Simbol pensil : Untuk mengedit kategori
    Simbol keranjang : Untuk menghapus kategori

3. Pengaturan Produk

Pengaturan Produk ini befungsi untuk mengatur produk apa saja yang akan diisikan ke dalam kategori yang sudah dibuatkan sebelumnya.

Cara Menambahkan Produk

  • Klik Kategori Produk yang ingin kamu isi produk yang kamu miliki sesuai dengan nama Kategori.
  • Selanjutnya kamu bisa klik Tambah Produk
  • Setelah kamu menambahkan produk, kamu juga bisa memilih produk mana yang ingin ditambahkan untuk dimasukkan ke dalam kategori dengan cara menceklis produk tersebut, lalu lanjutkan dengan Klik Tambahkan Produk.
  • Pada bagian Kelola Produk ini kamu dapat mencantumkan Nama Produk, Harga Jual, Deskripsi Produk dan Foto Produk.
    Apabila semua yang kamu masukkan sudah sesuai jangan lupa untuk mengaktifkan tombol "Tampilkan Produk" agar produk yang sudah kamu atur dapat tampil di Katalog GrabFood.
  • Selanjutnya dapat kamu klik Simpan.
  • Apabila produk yang kamu tambahkan tidak memiliki foto produk maka akan muncul Pop Up yang akan mengingatkan kamu bahwa produk kamu belum memiliki foto. Selanjutnya kamu dapat melengkapi foto produk yang kamu miliki.

4. Pengaturan Section / Jadwal Menu

Pada pengaturan Section ini kamu dapat masukkan Nama Section dan Waktu Section yang berlaku di outlet yang kamu miliki.

Cara Menambahkan Section

  • Klik Tambah Section untuk menambah section baru.
  • Lalu masukkan Nama Section dan Waktu Section yang akan berlaku.
    Kemudian klik Simpan.
    Note : Pastikan untuk pengisian rentang waktu section tidak boleh lebih dari jam operasional outlet.
  • Untuk section yang sudah kamu tambahkan masih bisa kamu hapus dan edit.

    Cara menghapus Section :
  • Pilih Atur Section

  • Pilih simbol pensil untuk mengedit section namun jika ingin mengahapus section kamu bisa pilih simbol keranjang sampah / tanda silang.
    Note : Khusus All Day Menu karena sifatnya mandatory hanya bisa diedit, tidak bisa dihapus. Selain section itu bisa diedit dan dihapus.
  • Jika ingin menghapus silahkan klik simbol tanda keranjang / silang selanjutnya kamu akan diberikan pop up konfirmasi.

    Apabila kamu sudah yakin ingin mengahapusnya maka kamu cukup klik "Hapus".

B. Sinkronisasi Integrasi GrabFood

Jika sebelumnya kamu sudah mengatur Outlet, Kategori, Produk, dan Section sesuai dengan apa yang kamu ingin tampilkan pada katalog GrabFood, maka pada bagian ini selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan sinkronisasi.

Sinkronisasi ini berfungsi agar data yang sudah kamu masukkan pada aplikasi Qasir sesuai dengan yang akan dimunculkan pada Katalog Grabfood, guna menghindari ketidakcocokan data yang sudah ada.

C. Terima Pesanan GrabFood melalui Aplikasi Qasir

  • Pesanan dari Grabfood akan masuk di menu Pesanan Online yang dapat diakses melalui drawer menu halaman Beranda pada aplikasi Qasir.
  • Klik di salah satu pesanan untuk melihat detail pesanan Grabfood yang kamu miliki.
  • Detail pesanan yang masuk ke bagian pesanan online GrabFood dapat kamu lakukan cetak struk apabila sudah sesuai.
  • Struk dapat kamu cetak kamu ataupun share melalui media online.

Jika masih ada pertanyaan seputar Integrasi GrabFood, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui menu Bantuan pada aplikasi ataupun Website. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram Qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?