Jika kamu menerima banyak pesanan di toko, kadang bikin pusing, mana dulu yang harus disiapkan. Membuat nomor urut manual tentu saja membuang waktu dan bisa resiko tertukar. Bisa-bisa kena complain pelanggan deh.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada fitur Nomor Antrian yang bisa memunculkan nomor urut pesanan secara otomatis. Kamu pun jadi bisa mengelola pesanan dengan tenang, sesuai dengan nomor urut yang tertera pada struk yang tercetak.

Keuntungan menggunakan Fitur Nomor Antrian

  • Membuat nomor urut pesanan secara otomatis.
  • Memudahkan kamu menyiapkan pesanan sesuai nomor urut.
  • Menghindari salah memberikan pesanan ke pelanggan.
  • Memudahkan saat memanggil pelanggan dan mencocokkan pesanan berdasarkan nomor antrean.
  • Masih banyak lagi keuntungannya! Ini fitur yang sangat vital untuk usaha online maupun offline.

Cara mengaktifkan fitur Nomor Antrian

1. Melalui halaman Transaksi

Jika kamu belum mengaktifkan fitur Nomor Antrian pada aplikasi Qasir maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini di bagian akhir transaksi / sebelum dilakukannya pembayaran.

Untuk mengaktifkan, klik tombol di sebelah kanan seperti di gambar ini.


2. Melalui menu Beranda Qasir (Premium Store)


Untuk melakukan pembelian fitur ini di menu Beranda, kamu cukup membuka bagian Premium Store di Beranda pada aplikasi Qasir. Kemudian pilih fitur Nomor Antrian.

Ingat: Kamu hanya perlu membayar sekali saja untuk pengaktifan fitur ini selamanya. Plus, fitur ini juga berlaku di semua outlet yang kamu punya. Hemat, bukan?

Cara Menggunakan Fitur Nomor Antrian

  • Apabila kamu sudah mengaktifkan fitur Nomor Antrian, lakukan transaksi seperti biasa. Selanjutnya sebelum kamu memilih Pembayaran, akan ada menu Nomor Antrian. Pada menu tersebut terdapat tombol yang harus diaktifkan.

    Seperti gambar dibawah ini :
  • Jika tombolnya sudah diaktifkan, maka tampilan akan jadi seperti ini.
  • Klik nama fitur, lalu akan muncul pop up yang berisi kolom yang dapat kamu isi dengan nomor awal urutan / antrean. Untuk kamu yang baru memiliki 1 outlet, kamu bisa mengisi dengan nomor 1. Namun jika kamu sudah memiliki beberapa outlet, kami sarankan kamu mulai dengan 1001 untuk outlet pertama, 2001 untuk otlet kedua, dan seterusnya. Maksimal nomor yang dapat ditampilkan adalah 9999.

    Jika sudah kamu masukkan nomor urut awal, jangan lupa untuk klik "Simpan".
  • Jika pengaturannya sudah sesuai, lakukan transaksi seperti biasa.

Lalu di mana saja nomor urut antrean akan tercetak ?

1. Pada struk Transaksi Lunas

2. Pada struk Transaksi Tersimpan

3. Pada struk Kasbon

4. Pada struk Cetak Tiket Pesanan

Catatan Penting untuk kamu pengguna fitur Nomor Antrian

  1. Nomor Antrian tidak akan tercetak di struk digital.
  2. No Antrian akan direset otomatis ketika :
    - Kamu melakukan Log-out aplikasi Qasir
    - Berganti hari (setelah jam 00:00)
    - Fitur Nomor Antrian dinonaktifkan
  3. Fitur ini bersifat offline, sehingga tidak ada sinkronisasi urutan apabila ada 2 kasir / operator yang Login dalam 1 outlet. Kamu bisa mengaturnya sendiri dengan menggunakan awal mulai nomor antrean yang berbeda untuk kedua operator/ kasir.

    Contoh:
    - Kasir 1 mulai dari antrian 1000 (naik menjadi 1001, 1002 dst)
    - Kasir 2 mulai dari antrian 2000 (naik menjadi 2001, 2002 dst)

Jika masih ada pertanyaan seputar Fitur Nomor Antrian, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir pada menu Bantuan yang ada di Aplikasi. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram Qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?