Apa itu QRIS ?

Buat kamu yang belum mengetahui, QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking.

Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR wajib mengadopsi QRIS. Hal ini diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Lalu apa saja keunggulan menggunakan QRIS di Qasir?

  • Pembayaran QRIS dapat kamu gunakan secara Free ya jadi kamu nggak perlu bayar untuk mendapatkan fasilitas ini yeaayyyyy!!!
  • Kamu cukup satu kali mendaftar, lalu nantinya akan mendapat QR Code untuk menerima semua pembayaran digital dari berbagai mobile digital payment seperti ShopeePay, DANA, OVO, Gopay, LinkAja, dan semua mobile banking yang sudah support untuk melakukan transaksi QRIS.
  • Mempercepat proses transaksi, karena pembeli cukup scan melalui digital wallet atau mobile banking (support QRIS) yang ada di ponsel mereka untuk melakukan pembayaran saat transaksi dilakukan.

Bagaimana cara mendaftarkan QRIS di Qasir ?

Saat ini ada 2 (dua) cara untuk mendaftarkan QRIS di Qasir yaitu melalui Backoffice Qasir dan aplikasi Qasir.

1. Melalui Backoffice Qasir
Untuk mendaftarkan QRIS melalui Backoffice, silakan ikuti panduan berikut ini

  • Login melalui Qasir Web di https://.qasir.id
  • Login dengan No HP dan PIN
  • Klik menu Metode Pembayaran
  • Kemudian " Daftar "

2. Melalui Aplikasi Qasir
Kamu hanya perlu login aplikasi Qasir lalu pilih menu Pengaturan, kemudian Kelola Pembayaran Digital. Selanjutnya akan muncul pilihan Metode Pembayaran.


  • Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk memilih Jenis Usaha.
    Untuk jenis usaha ini terbagi menjadi 2 yaitu Perseorangan dan Badan Usaha.
    Kamu dapat memilih Perseorangan.

    - Tampilan dibawah ini adalah tampilan jika kamu menggunakan Backoffice Qasir

- Tampilan dibawah ini adalah tampilan jika kamu menggunakan Aplikasi Qasir

  • Jika sudah memilih jenis usaha, maka kamu akan ditunjukkan tampilan berupa Syarat dan Ketentuan untuk mendaftarkan QRIS di Qasir.
    Note : Jangan lupa untuk memberi ceklis di kolom kotak kecil yang menandakan bahwa kamu sudah menyetujuinya.

    Lalu kamu dapat klik " Saya Setuju"

    - Tampilan dibawah ini adalah tampilan jika kamu menggunakan Backoffice Qasir

- Tampilan dibawah ini adalah tampilan jika kamu menggunakan aplikasi Qasir

  • Setelah menyetujui Syarat dan Ketentuan maka kamu akan diarahkan untuk melakukan pengisian Informasi Pendaftaran QRIS.

    Pada bagian Informasi Pendaftaran QRIS terbagi menjadi 4 Tahap

A. Tahap Pertama
Kamu harus mengisikan Informasi Usaha, dibagian ini kamu harus melengkapi data berupa : Nama Usaha, Jenis Usaha, Tipe Bisnis, dan Foto Usaha.
Jika sudah diisikan semua maka kamu bisa klik "Selanjutnya" untuk melanjutkan pengisian tahapan berikutnya.

- Tampilan via Backoffice Qasir

- Tampilan via aplikasi Qasir


B. Tahap Kedua

Pada tahap ke-2 ini kamu harus mengisikan Informasi Perseorangan. Dimana ditahapan ini berkaitan dengan data pemilik usaha.
Untuk bagian apa saja yang harus kamu isikan yaitu : Nama Pemilik Usaha, No.KTP, Alamat Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Kode POS, Nomor Handphone, Jenis Kelamin, Jenis Kewarganegaraan serta melampirkan Foto KTP, Foto Pemilik Toko.

- Tampilan via Backoffice Qasir

- Tampilan via Aplikasi Qasir

C. Tahap Ketiga
Untuk tahap ke-3 ini kamu akan diarahkan untuk melakukan pengisian Informasi Outlet. Dimana sebelumnya kamu harus memilih terlebih dahulu outlet mana yang akan kamu daftarkan QRIS di Qasir. Jika sudah dipilih maka selanjutnya kamu dapat mengisikan informasi berupa : Nama Outlet, Nama PIC Outlet, Nomor Tlp Outlet/Nomor Tlp PIC, Alamat Lengkap Outlet , serta kode pos outlet.

Jika semua sudah sesuai maka kamu bisa klik "Simpan" untuk melanjutkan ke tahapan Terakhir.

- Tampilan via Backoffice Qasir

- Tampilan via Aplikasi Qasir


D. Tahap Keempat
Pada tahapan terakhir ini kamu bisa mengisikan Informasi Rekening, Untuk pengisian tahapan ini pastikan tidak ada kesalahan pengisian No Rekening, Jenis Bank, Nama Pemilik Rekening.

Karena untuk semua transaksi penjualan yang menggunakan metode pembayaran QRIS akan ditransfer ke rekening yang sudah kamu isi di bagian ini.

- Tampilan via Backoffice Qasir

- Tampilan via aplikasi Qasir


Setelah kamu klik Ajukan maka Pendaftaran QRIS kamu selanjutnya akan diproses.

Lalu Bagaimana mengetahui status pendaftaran QRIS?

Jika kamu sudah mendaftarkan pembayaran digital QRIS maka kamu dapat mengetahui status pendaftaran QRIS sedang diproses, sudah aktif, atau ditolak melalui menu pengaturan dari aplikasi Qasir dengan memilih Kelola Pembayaran Digital. Atau bisa melalui Backoffice di menu Metode Pembayaran, kemudian klik tombol Detail di bagian QRIS.

Bagaimana menonaktifkan dan mengaktifkan kembali QRIS ?

Kamu bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali QRIS yang sudah berhasil didaftarkan melalui menu pengaturan dari aplikasi Qasir dengan pilih Kelola Pembayaran Digital. Atau melalui Backoffice pada menu Metode Pembayaran, kemudian klik tombol Detail di bagian QRIS. Geser tombol di sebelah kanan nama outlet yang sudah terdaftar.

Cara mendaftarkan outlet lain untuk menggunakan QRIS

Jika kamu memiliki outlet lebih dari satu maka kamu bisa mendaftarkan QRIS untuk digunakan di outlet lain dengan akses melalui menu Pengaturan dari aplikasi Qasir dengan pilih Kelola Pembayaran Digital. Atau melalui Backoffice di menu Metode Pembayaran, kemudian klik tombol “Detail” di bagian QRIS. Kemudian klik tombol “Daftar” di sebelah kanan outlet yang akan didaftarkan.

Setelah itu lengkapi data outlet yang akan didaftarkan.

PERHATIAN!!!!!
Setelah melakukan aktivasi QRIS, maka kamu harus SEGERA melakukan transaksi minimal 1 rupiah. Ini adalah cara mem-verifikasi QRIS kamu di Qasir.
Jika dalam 2 minggu setelah proses aktivasi tidak terjadi transaksi pembayaran, maka kamu dianggap tidak menggunakan QRIS dan QRIS kamu akan DIBEKUKAN secara otomatis.


Cara Transaksi menggunakan QRIS di Qasir

Jika sebelumnya kamu sudah mendaftarkan QRIS dan statusnya sudah aktif, maka kamu sudah bisa menggunakannya untuk transaksi penjualan di tokomu.


Yuk, simak penggunaan QRIS bersama!

  • Jika kamu memilih item produk di menu Mulai Jualan saat transaksi dilakukan, kamu dapat masuk kedalam Menu Pembayaran
  • Dibagian Menu pembayaran selanjutnya klik "QRIS"

  • Apabila kamu sudah memilih QRIS sebagai pilihan pembayarannya maka otomatis akan muncul QR code yang dapat di scann langsung oleh pelangganmu.
  • Jika scan QR code sudah dilakukan untuk pembayaran maka akan muncul Pop Up " Transaksi Berhasil " yang menunjukkan bahwa transaksi QRIS sudah berhasil dilakukan.

Mudah dan praktis kan? Begitu banyak kemudahan yang Qasir tawarkan untuk kamu usahawan agar makin CUAN.

Jika masih ada pertanyaan seputar QRIS di Qasir, silakan hubungi Customer Happiness Team Qasir di menu Bantuan pada aplikasi maupun di website. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram Qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.



Apakah Anda menemukan jawaban?