Seperti yang kami informasikan sebelumnya, untuk kalian yang sudah berlangganan Website Usaha gak akan rugi deh, karena selalu ada pengembangan fitur dan layanan untuk memudahkan kamu berjualan di ranah online.

Salah satunya pengembangan kali ini adalah pengaturan Ongkos Kirim.

Apa itu Fitur Ongkos Kirim di Website Usaha ?

Fitur ini merupakan salah satu pengembangan dari pengiriman reguler (JNE, TIKI, Si Cepat, dll) yang ada di Website Usaha. Dimana pada Website Usaha sebelumnya biaya ongkos kirim baru bisa ditulis manual, namun saat ini sudah bisa terhitung langsung melalui berat produk saja, khusus untuk pengiriman reguler.

Ada 2 kondisi untuk penggunaan Ongkos Kirim di Website Usaha ini :

  1. Ketika ada produk tanpa berat di cart, maka pesanan akan dibuat tanpa ongkos kirim. Berat produk harus ditambahkan manual oleh penjual di Order Management (pengaturan Pesanan Online di aplikasi) dan ongkos kirim akan terhitung otomatis setelahnya. Selanjutnya penjual perlu mengkonfirmasi kembali harga barang + ongkos kirim ke pembeli.
  2. Ketika semua produk di cart sudah memiliki berat, maka ongkos kirim akan terhitung secara otomatis ketika membuat pesanan. Sehingga penjual tidak perlu mengkonfirmasi total harga karena ongkos kirim sudah ada, karena pembeli bisa langsung melihatnya.

Berikut penjelasan detail yang bisa kamu lakukan dalam fasilitas belanja online via Website Usaha.

1. Perhitungan ongkos kirim otomatis ketika checkout

Khusus untuk pengiriman reguler, ongkos kirim akan langsung dihitung ketika checkout jika semua produk di cart sudah ada berat.



Namun perlu kamu ingat agar Ongkos Kirim bisa digunakan langsung oleh pembeli yang kamu harus lakukan sebagai pemilik akun atau penjual adalah :

  • Pemilik akun Qasir harus mengisi kecamatan outlet di pengaturan outlet WU
  • Pemilik akun Qasir harus menyimpan ulang pengaturan pengiriman

2. Menambahkan berat produk langsung di Order Management (fitur Pesanan Online pada aplikasi)

Kamu juga dapat langsung menyimpan berat produk yang diinput ketika memproses pesanan/transaksi sehingga tidak perlu bolak-balik ke Kelola Produk.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam menu Pesanan Online
  • Klik bagian Baru
  • Pilih salah satu Pesanan Online yang masuk namun dengan pengiriman Reguler.
    Catatan : Fitur Ongkos Kirim ini hanya bisa digunakan khusus untuk pengiriman Reguler saja. Tidak berlaku untuk Pengiriman Instant kurir, Same Day, Ambil di Outlet, ataupun lainnya.
  • Setelah itu pada bagian Detail Pesanan kamu dapat klik " Atur Berat Produk ".
    Ini dapat kamu gunakan untuk mengatur berat produk yang kamu miliki secara langsung tanpa melalui menu Kelola Produk.

Untuk satuan berat produk disini akan dihitung dalam satuan gram atau gr. Jadi apabila kamu memiliki satu produk misalkan 1 kg maka kamu harus mengubahnya dalam bentuk gram (1000 gr). Jika satuan berat yang kamu masukkan sudah sesuai jangan lupa untuk klik "Simpan".

3. Nomor Resi bisa dimasukkan ke Order Management (Pesanan Online) dan tercetak di struk.


Kamu sebagai penjual juga bisa menambahkan nomor resi pengiriman secara manual ketika memproses pesanan. Ini berfungsi sebagai informasi ke pembeli bahwa orderan tersebut sudah dikirim dengan bukti nomor resi yang kamu masukkan tersebut. Sehingga bisa memudahkan kamu dan pelanggan kamu melakukan pengecekan sudah sampai di manakah proses pengirimannya.

Cara memasukkan No Resi

  • Masuk ke dalam menu Pesanan Online
  • Pilih bagian pesanan yang "Diproses"
  • Kemudian pilih salah satu pesanan yang ingin dimasukkan nomor resinya
  • Pada bagian Status Pesanan kamu dapat klik "Detail"
  • Pada bagian Detail Pesanan kamu dapat klik Masukkan No Resi untuk input nomor resi yang sesuai dengan orderan tersebut.

Jika No Resi sudah dimasukkan, klik "Simpan".

  • Berikutnya No Resi akan tercantum di bagian status pesanan, tepatnya di sebelah nama ekspedisi pengiriman yang kamu gunakan.

4. Menyalin alamat pengiriman dari Order Management (Pesanan Online)

Kamu sebagai penjual bisa menyalin alamat pengiriman tanpa harus menulis ulang alamat secara manual.

5. Tampilan Halaman checkout baru

Pada pengembangan Website Usaha terbaru kali ini tampilan halaman Checkout lebih mudah dipahami, serta informasinya lebih jelas dalam satu layar tampilan saja.

Demikian info tambahan tentang pengembangan dari fitur Website Usaha yaitu fitur Hitung Ongkos Kirim. Jika masih ada pertanyaan seputar Website Usaha, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.


Apakah Anda menemukan jawaban?