Qasir selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui fitur-fiturnya. Jika sebelumnya kamu pernah melakukan pendaftaran QRIS, sekarang tidak perlu lagi. Karena tim Qasir sudah melalukan improvement pada fitur Pembayaran Digital QRIS.

Buat yang belum tahu, apa sih QRIS itu ?

Buat kamu yang belum mengetahui, QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking.

Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR wajib mengadopsi QRIS. Hal ini diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Apa keunggulan menggunakan QRIS sistem baru di Qasir ?

  • Kamu tidak perlu mendaftar untuk dapat menggunakan QRIS dan menerima semua pembayaran digital dari berbagai Aplikasi Pembayaran Digital.

  • Menerima semua pembayaran mulai dari Shopeepay, DANA, OVO, Go-Pay, LinkAja, dan semua mobile banking yang sudah support untuk melakukan transaksi QRIS.

  • QRIS sudah bisa digunakan di seluruh Indonesia.

  • Mempercepat proses transaksi. Pelanggan tokomu cukup scan dari digital wallet atau mobile banking (support QRIS) untuk melakukan pembayaran.

  • QRIS dari Qasir memudahkan kamu untuk langsung mengetahui status pembayaran pelanggan tanpa meminta bukti dari pelanggan.

  • Qasir memastikan uang transaksi QRIS aman karena H+2 akan dicairkan ke rekening yang sudah kamu isikan pada data rekening pencairan.

  • QRIS dari Qasir memastikan pelanggan membayar sesuai dengan nominal transaksi yang akan dibayarkan tanpa repot mengurus kembalian.

  • QRIS menjadi solusi bagi pelanggan karena tidak perlu membawa uang tunai karena transaksi langsung dari handphone pelanggan.

  • QRIS menghindarkan dari transaksi dengan uang palsu.

  • QRIS mengurangi kerepotan kamu untuk menghitung uang tunai.

Lalu apa saja yang berubah dari QRIS sebelumnya?

  • Pemilik usaha tidak perlu mendaftar untuk menggunakan QRIS.

  • Hanya perlu mengisi data rekening pencairan untuk menerima transfer uang hasil transaksi QRIS.

  • Pemilik usaha bisa melihat riwayat saldo QRIS berikut dengan detail setiap terjadi pencairan saldo QRIS.

  • Proses pencairan transaksi QRIS adalah H+2 dari hari transaksi QRIS berhasil.

    Bagaimana Cara Menggunakan QRIS pertama kali?

  • QRIS bisa langsung digunakan tanpa melalui registrasi
    Cukup dengan klik Aktifkan Sekarang pada menu transaksi penjualan.

  • Kemudian kamu perlu menyetujui Syarat dan Ketentuan yang muncul saat pertama kali akan menggunakan QRIS.

  • Persetujuan Syarat dan Ketentuan hanya dilakukan oleh user Admin atau Owner, cukup satu kali menyetujui S&K sudah bisa digunakan untuk seterusnya untuk transaksi penjualan pada aplikasi Qasir.

    Bagaimana Hak Akses Non Admin untuk Menggunakan QRIS di Qasir?

  • Non Admin (operator) tidak bisa menggunakan QRIS apabila Owner (user Admin) belum menyetujui Syarat dan Ketentuan penggunaan QRIS.

  • Untuk itu, Non Admin perlu memberitahu Owner untuk menyetujui syarat dan ketentuan terlebih dahulu.

  • Setelah Owner (user Admin) menyetujui Syarat dan Ketentuan (hanya dilakukan 1x), QRIS bisa digunakan untuk semua tipe pengguna aplikasi.

Lalu bagaimana dengan kamu pengguna QRIS model lama?

  • Kamu hanya perlu update apk ke versi terbaru untuk mendapatkan experience QRIS sistem baru.

  • Setelah kamu update apk, kamu hanya perlu menyetujui kembali syarat dan ketentuan ketika akan menggunakan QRIS pertama kali di apk tersebut.

  • Kamu akan diberi waktu 30 hari setelah rilis QRIS sistem baru untuk masih bisa menggunakan QRIS by Shopeepay.

  • Selanjutnya kamu tidak bisa menggunakan QRIS di apk lama, untuk bisa menggunakan QRIS maka perlu update ke apk terbaru.

Bagaimana cara menggunakan QRIS untuk transaksi penjualan ?

  • Saat transaksi penjualan dilakukan seperti biasa ketika pelangganmu ingin melakukan pembayaran, maka kamu sebagai penjual dapat memilih metode Pembayaran Digital QRIS ketika sudah di halaman pilihan metode pembayaran.

  • Setelah QR code QRIS muncul, kamu dapat menunjukkan QRIS ke pelangganmu.

  • Selanjutnya pelangganmu perlu scan QRIS yang ditunjukkan oleh kamu menggunakan digital payment apps yang dimiliki pelanggan sehingga pelanggan bisa menyelesaikan transaksinya.

  • Transaksi QRIS yang berhasil akan tercatat di riwayat transaksi


Bagaimana uang bisa sampai ke saldomu ketika pelangganmu sudah membayar?

Kamu tidak perlu khawatir uang tidak sampai ke tanganmu jika menggunakan pembayaran QRIS.

  • Pencairan dilakukan otomatis H+2 dari transaksi berhasil.

  • Peringatan!!! Uang transaksi tidak akan dicairkan selama kamu belum mengisi data rekening pencairan.

  • Uang transaksi yang belum dicairkan masih aman dan berada di Qasir.

  • Kamu perlu mengisi data rekening pencairan dari halaman saldo pengguna pada aplikasi Qasir.

Bagaimana cara mengisi data rekening pencairan?

  • Pilih menu Total Saldo pada Beranda

  • Akan muncul pop up informasi pencairan, pilih tombol Tambah Rekening Bank.

  • Jika kamu terlewatkan pop up tersebut, kamu masih bisa mengisi data rekening dari tombol “Data Rekening” di halaman saldo.

  • Informasi yang harus dilengkapi:
    Nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, nomor telepon, alamat email.

  • Setelah itu tekan tombol Simpan.

  • Setelah kamu mengklik tombol Simpan, selanjutnya akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini:

    Bagaimana mengetahui detail saldo hasil transaksi QRIS?

  • Semua uang hasil transaksi dari QRIS akan tercatat di menu Detail Saldo sepeti berikut.

  • Uang hasil transaksi dari QRIS akan menjadi saldo pending di hari transaksi berhasil dan H+1.

  • Setelah H+2 dari transaksi berhasil, saldo pending akan menjadi saldo aktif secara otomatis. Kamu bisa dilakukan pencairan apabila kamu sudah mengisi detail rekening pencairan di halaman Total Saldo.

  • Saldo adalah uang hasil transaksi yang sudah dikurangi biaya layanan per transaksi.

  • Biaya layanan untuk QRIS adalah 0.7% per transaksi.

  • Saldo akan dicairkan otomatis setiap hari kerja selama merchant memiliki saldo aktif.

  • Saldo yang dicairkan belum dipotong biaya pencairan apabila merchant menggunakan rekening bank pencairan selain BCA dan BRI.

  • Saldo kamu hanya akan ditampilkan dan ter-update dalam kondisi online.

    Jika masih ada pertanyaan seputar layanan ini, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir pada menu Bantuan yang ada di Aplikasi atau kanan bawah halaman ini. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

    Jangan lupa follow instagram Qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?