Di tengah pandemi dan di keadaan ekonomi yang penuh tantangan saat ini, kamu pastinya banyak berpikir ulang tentang bagaimana caranya agar usahamu tetap berjalan. Karena kita semua tahu, bila berbicara tentang keberlangsungan usaha, bukan hanya bicara tentang pemasukan untuk diri sendiri saja.

Ada banyak sekali yang menjadi pemikiran dan pertimbangan seorang usahawan, sebut saja gaji karyawan, pembayaran biaya operasional harian seperti biaya listrik dan air, hingga biaya vendor dan supplier bahan baku. Tidak heran jika banyak sekali usahawan yang tidak mampu melanjutkan bisnisnya karena terbentur masalah modal usaha.

Permasalahannya, untuk mengajukan pembiayaan pun di masa seperti ini juga tidak mudah. Pihak pemberi pembiayaan pun menjadi lebih selektif dalam memberikan pinjaman karena khawatir akan terjadi kredit macet.

Hambatan dalam Mengajukan Pinjaman

Setidaknya ada beberapa hal yang membuat kamu sulit mendapatkan pembiayaan untuk usaha. Berikut ini Qasir rangkum untukmu.

  1. Catatan Transaksi Tidak Rapi

    Catatan transaksi yang tidak urut adalah penyebab utama yang membuat kamu kerap mengalami kegagalan dalam proses verifikasi. Karena itu, penting untuk mencatat semua transaksi usahamu setiap hari.Sebenarnya kamu tidak perlu repot mencari cara yang cepat dan simpel untuk mencatat transaksi jika kamu sudah menggunakan aplikasi Qasir. Kamu cukup memasukkan produk dan menggunakan sistem point of sale-nya saat bertransaksi, maka transaksimu pun langsung tercatat secara otomatis. Sehingga, begitu pihak pemberi pinjaman ataupun pembiayaan membutuhkan data tersebut, kamu sudah memilikinya.

  2. Data yang Tidak Bisa Tervalidasi
    Hal lain yang membuat pengajuan pinjaman ditolak adalah data yang tidak bisa divalidasi. Karena data yang seperti ini bisa dianggap sebagai data yang kurang real, atau bahkan data palsu. Salah satu cara membuat transaksimu tervalidasi adalah dengan menggunakan sistem pembayaran digital QRIS yang ada di aplikasi Qasir. Dengan transaksi digital, maka tidak mungkin transaksimu dianggap transaksi palsu apalagi fraud karena sudah menggunakan sistem digital yang tercatat otomatis.

  3. Syarat Lainnya yang Rumit
    Selain laporan usaha yang tervalidasi, peminjam biasanya juga diminta untuk melampirkan syarat-syarat administrasi pembiayaan yang ribet dan harus berupa dokumen asli (print atau fotocopy-an). Ini juga menjadi hambatan dalam usahawan sepertimu mendapatkan pembiayaan. Selain sangat tidak praktis dan pasti akan sangat merepotkan, cara seperti ini juga mengharuskan kamu menghadapi resiko terpapar covid.

  4. Jumlah Kredit yang Diajukan Terlalu Besar
    Kadang usahawan yang mengajukan pinjaman tidak tahu alasan kreditnya ditolak adalah karena jumlah yang ia ajukan jauh lebih besar dari platform yang bisa ia tanggung. Yang melakukan penghitungan ini tentunya pihak pemberi pembiayaan, berdasarkan dokumen yang dilampirkan saat pengajuan. Itu mengapa penting bagimu untuk memilih lembaga pembiayaan ataupun sistem pembiayaan yang memberikan taksiran platform yang masuk dalam range kemampuanmu. Jangan lupa juga untuk mencatat secara rinci semua transaksi. Karena semakin banyak transaksi tercatat, semakin besar juga kemampuan bayarmu di mata pemberi pembiayaan.

Jika setelah membaca empat hal di atas kamu jadi pesimis untuk mengajukan pinjaman untuk pembiayaan, tenang saja, Qasir punya solusinya untukmu.

Apa Solusi Untuk Mendapatkan Pinjaman Tanpa Repot?
Yuk kita simak bersama-sama.
Langkah awal yang perlu kamu lakukan cukup menjadi Merchant atau pengguna dari aplikasi Qasir, kamu sebenarnya secara otomatis telah memiliki peluang mendapatkan pembiayaan untuk menaikkan level usaha kamu.

Saat ini Qasir menjajaki kerja sama dengan perusahaan Peer to Peer (P2P) Lending seperti KoinWorks dan beberapa lainnya untuk memberikan alternatif pembiayaan modal usaha. Mekanisme yang digunakan adalah PO financing, atau invoice financing. Dengan mekanisme ini, kamu cukup mengisi Google Form pengajuan dengan informasi yang dibutuhkan terkait nominal dan tenor pembiayaan.

Catatan transaksi yang terekam secara otomatis di sistem point of sale pengguna Qasir yang akan jadi bukti kemampuan finansial usahawan tersebut. Jadi kamu tidak perlu lagi mengumpulkan data ataupun riwayat transaksi jika sudah menggunakan Qasir. Jika diilustrasikan, proses yang biasanya butuh 10 tahap, kini bisa menyusut sampai 5 tahap saja.

Proses akan menjadi lebih sederhana lagi jika merchant memanfaatkan fasilitas pembayaran digital QRIS--yang ada di aplikasi Qasir--pada setiap transaksinya. Dengan menggunakan transaksi digital, maka secara otomatis transaksi tersebut tervalidasi sebagai transaksi yang real. Dengan begitu, kesempatan kamu sebagai pemohon untuk mendapatkan pembiayaan pun semakin besar.

Bagaimana Cara Mengajukan Pembiayaan di Qasir?

Langkah untuk mengajukan pembiayaan ini sangatlah mudah.
Namun kamu harus pastikan dulu kalau kamu sudah memenuhi syarat pengajuan yaitu aktif bertransaksi menggunakan aplikasi Qasir selama enam bulan terakhir. Kesempatanmu mendapatkan pembiayaan akan lebih besar lagi jika kamu menggunakan fasilitas pembayaran digital QRIS.

Namun perlu diperhatikan, program ini untuk sementara waktu baru dibuka untuk mereka yang berdomisili di pulau Jawa.

Adapun langkah-langkah pengajuan pembiayaan di Qasir adalah sebagai berikut.

  1. Mengisi form pengajuan silahkan klik tombol ini :


    Pastikan kamu mengisi dengan lengkap.

  2. Pengajuan kamu akan dipelajari oleh pihak P2P Lending yang bekerja sama dengan Qasir (KoinWorks misalnya).

  3. Setelah pengajuan kamu dipelajari, pemberi pinjaman pembiayaan akan memberitahu kamu lewat email apakah pengajuan kamu diterima ataupun ditolak.

  4. Proses penandatanganan kesepakatan oleh pihak pemberi dan penerima pembiayaan.

  5. Dana akan ditransfer ke vendor atau supplier yang kamu masukkan datanya di form pengajuan.

  6. Proses pengembalian pinjaman dalam tempo yang sudah disepakati oleh peminjam kepada lembaga pemberi pinjaman pembiayaan.

Simpel sekali kan prosesnya? Kamu tidak perlu mengumpulkan nota penjualan, bukti transaksi manual, dan syarat administrasi lainnya karena transaksi usahamu sudah tercatat di sistem Qasir. Jika kamu tertarik mengajukan pembiayaan, langsung saja mengikuti langkah di atas. Namun jika kamu ingin bertanya dengan tim kami, silakan menghubungi tim Qasir melalui live chat di menu Bantuan pada kanan bawah halaman website atau dari aplikasi kamu.

Dengan Qasir, yakinlah #KamuJugaBisa menaikkan level usahamu!

Kalau masih ada pertanyaan seputar artikel ini dapat langsung hubungi Customer Happiness Qasir melalui Live Chat di Bantuan Qasir maupun Website Qasir https://bantuan.qasir.id dan Contact Center hello@qasir.id. Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru dari Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?