Untuk kalian yang sudah berlangganan Website Usaha (WU), gak akan rugi deh, karena selalu ada pengembangan fitur dan layanan untuk memudahkan kamu berjualan di ranah online.


Salah satunya pengembangan kali ini adalah pengaturan Pembayaran Online.
Untuk kali ini, pembayaran online Website Usaha bekerja sama dengan Xendit, platform payment gateaway yang terpercaya, yang akan membantumu memudahkan proses pesanan dan transaksi online di Website Usaha.

Bagaimana Mengaktifkan Pembayaran Online di WU?

  1. Masuk ke menu Katalog Online pada drawer di aplikasi Qasir kamu.

  2. Lalu klik Business Website

  3. Kemudian kamu akan diarahkan ke menu pengaturan Website Usaha. Di bagian tersebut, klik bagian Katalog Online (Atur Tampilan Katalog, Informasi Produk, Berat Produk dan Kurir Pengiriman).

  4. Pada menu Katalog Online ini, kamu akan menemukan tombol Pembayaran Online, yang dapat kamu aktifkan dan nonaktif.


Ketika kamu memilih untuk menyalakan tombol tersebut maka kami akan dimunculkan dengan pop up untuk menyetujui syarat dan ketentuan dari pengaktifan pembayaran online.

5. Jika kamu sudah mengaktifkan tombol Pembayaran Online, maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini :

Notifikasi ini adalah pemberitahuan kalau kamu sudah dapat menerima pembayaran online.


Proses pengaturan sudah selesai, sekarang kamu bisa menggunakan fitur Pembayaran Online di Website Usaha.

Cara Menggunakan Pembayaran Online pada Saat Transaksi.

  1. Pelangganmu mengakses Website Usaha tokomu melalui link yang kamu bagikan dan melakukan pemesanan dengan memilih produk pada katalog serta memasukkan jumlahnya.

  2. Ketika pelanggan akan melakukan checkout produk, ia akan diminta untuk memilih jasa pengiriman dan waktu pengiriman (reguler ataupun sameday). Karena kamu sudah mengaktifkan “Pembayaran Online”, maka harga ongkir akan terhitung otomatis.

  3. Misalnya pelanggan melakukan pemesanan dengan pengiriman reguler, maka pada email invoice akan terdapat link call to action Bayar yang direct ke link Snap Xendit.

  4. Pelanggan akan diarahkan ke halaman Snap Xendit untuk mendapatkan email invoice.

  5. Apabila pelanggan telah menyelesaikan pembayaran dari halaman Xendit, maka pelanggan WU akan mendapatkan email receipt sebagai bukti pembayaran diterima.

Berikut ini tampilan di sisi Penjual ketika ada pembelian dari pelangganmu yang menggunakan Pembayaran Online

Pada pembaharuan website usaha kali ini bukan hanya tampilan ke sisi pelanggan saja yang berubah tetapi tampilan dimenu penjual juga berubah.

Menunggu Pembayaran

Menu Menunggu Pembayaran untuk mengetahui jika ada pelanggan yang memesan namun belum melakukan pembayaran.

Catatan :

  • Kamu, sebagai penjual, bisa membatalkan transaksi. Jika kamu mengklik Batalkan, maka akan muncul tampilan konfirmasi sebelum status transaksi berubah jadi "Dibatalkan"

  • Jika transaksi dibatalkan, pelangganmu akan menerima email pembatalan transaksi.

  • Jika pelangganmu tidak melakukan pembayaran hingga batas pembayaran habis, maka status transaksi berubah menjadi “Batal” secara otomatis dengan dilengkapi alasan pembatalan adalah “Expired Link”.

  • Jika transaksi dibatalkan, transaksi tidak akan tercatat pada halaman “Riwayat Transaksi”, sehingga untuk nilai transaksi tidak akan tercatat pada halaman “Detail Saldo” dalam “Saldo Pending”.

  • Jika pelangganmu telah melakukan pembayaran, maka transaksi akan hilang dari halaman “Menunggu Pembayaran”. Transaksi akan tercatat pada halaman “Pesanan Online“. Nilai transaksi akan tercatat pada halaman “Detail Saldo” dalam “Saldo Pending” dan “Uang Masuk“.

  • Transaksi akan tercatat pada halaman “Riwayat Transaksi” di aplikasi Qasir kamu.


Tahap Proses Pesanan Pembayaran Online di Website Usaha

  • Jika pelangganmu memilih pengiriman reguler dan telah menyelesaikan pembayaran, maka transaksi akan tercatat dengan status “Lunas” dan transaksi tidak bisa di-edit.

  • Jika transaksi dilakukan dengan non-pengiriman reguler, maka transaksi akan tercatat dengan status “Belum Lunas” dan transaksi dapat di-edit sebelum transaksi diproses.

Proses Pembatalan Pembayaran Online yang Sudah Lunas

  • Ketika kamu sebagai penjual melakukan pembatalan transaksi yang telah “Lunas” melalui Pembayaran Online, maka akan muncul tampilan konfirmasi pengembalian uang harus dilakukan secara manual dari penjual kepada pelanggan.

  • Jika ada pembatalan seperti ini, status transaksi menjadi “Dibatalkan” sehingga pelanggan tokomu akan menerima email pembatalan transaksi.

Mengetahui Saldo Hasil Transaksi Online di Website Usaha

Untuk transaksi pembayaran online dengan Xendit, kamu dapat melakukan pengecekannya dengan masuk ke halaman Dashboard Saldo, selanjutnya kamu dapat melihat Saldo Aktif, Saldo Pending, dan list dari Transaksi Berhasil metode Pembayaran Online.

Catatan :


1. Disbursement saldo akan dilakukan H+1 setelah settlement

2. Untuk transaksi pembayaran online akan dikenai biaya settlement (MDR) Virtual Account, yang akan dikenakan per transaksi, sebagai berikut :

  • Untuk transaksi 0 - 5000 => 3800 +10% MDR

  • Untuk transaksi 5001 - 100000 => 3600 +10% MDR

  • Untuk transaksi 100001 + => 3400 +10% MDR

Sebagai contoh:

Jika kamu melakukan transaksi senilai Rp 100.000,- maka dikenakan potongan sebesar 3600+360 (10% dari 3600) , jadi total potongannya sebesar 3960.

Jadi semakin besar kamu melakukan transaksi dengan Pembayaran Online maka akan semakin kecil biaya yang dikenakan.

Untuk Pembayaran Online via Xendit, bisa dilakukan melalui bank BNI, Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya.

Untuk saldo, dapat dicek secara rinci melalui Backoffice. Jadi ketika ada pembayaran online yang telah dilakukan, maka info transaksi akan tercatat di aplikasi Qasir kamu.

Jadi kamu dapat melihat detail transaksi berupa : waktu transaksi, ref id, jenis order (WU/POS), metode pembayaran (XFERS/Xendit), dan saldo di laporan.

Jika masih ada pertanyaan seputar Pembayaran Online Website Usaha, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.


Apakah Anda menemukan jawaban?