Ketika menutup toko, kamu pasti ingin mengetahui apakah nilai kas pada aplikasi dan secara fisik sama jumlahnya, atau malah ada selisih?

Qasir memiliki fitur Rekap Kas yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui nilai kas masuk dan kas keluar, termasuk rekap pegawai per shift.

Kas masuk yang dimaksud adalah semua bentuk uang masuk, sedangkan kas keluar adalah semua biaya atau pengeluaran semisal biaya operasional toko, dll.

Pada pengembangan terbaru fitur Rekap Kas, kamu tidak akan kelupaan lagi untuk menutup kasir atau mencocokkan uang fisik dan uang pada sistem. Karena setiap kali kamu buka kasir, otomatis rekap kas tiap shift atau tiap hari akan terpisah (tidak tercampur jadi satu).

Berikut ini detail pengembangan terbaru fitur Rekap Kas

  • Penambahan fitur “Wajib Buka Kasir”

  • Penambahan fitur “Sembunyikan Selisih dan Penerimaan”

  • Penerimaan non-tunai di kasir akan terisi otomatis ketika menutup kasir

Yuk, simak cara penggunaannya!

  1. Kamu sebagai pemilik toko harus mengaktifkan Wajib Buka Kasir terlebih dahulu agar pegawaimu bisa melakukan Rekap Kas,

    Caranya, tinggal masuk ke menu Pengaturan aplikasi kemudian pilih Rekap Kas, dan di menu itu kamu bisa aktifkan tombol "Wajib Buka Kasir"

    Catatan :
    Jika tombol "Wajib Buka Kasir" tidak kamu aktifkan, maka saat akan melakukan transaksi akan muncul peringatan untuk melakukan buka kas terlebih dahulu baru kamu atau pegawaimu bisa melakukan transaksi.


    Tapi, jika toko kamu dalam keadaan offline atau sedang tidak ada internet yang stabil di aplikasinya, jangan khawatir, kamu tetap bisa membuka rekap kas ketika internet dalam aplikasimu sudah stabil dan kembali online.

  2. Selanjutnya jika wajib rekap kas sudah dinyalakan maka kamu sudah bisa melakukan rekap kas dengan cara:


    - Masuk ke menu Rekap kas
    - Lalu klik Buka Kasir

  3. Ketika membuka rekap kas, kamu harus mengisikan modal awal di hari/shift yang mau kamu rekap, untuk bagian jumlah uang modal awal ini wajib diisikan dan tidak boleh kosong.

    Jika sudah diisi, silakan klik "Buka Sekarang" Untuk membuka Rekap Kas.

4. Selanjutnya kamu dapat menginput kas masuk dan kas keluar selama waktu kerja/shift kamu.

Kas masuk seperti ada penambahan modal, misalnya untuk uang kembalian.
Kas Keluar digunakan jika ada biaya operasional toko, dll.

  • Jangan khawatir, nilai Kas Masuk dan Kas Keluar masih bisa diubah ataupun dihapus.

  • Jika sudah akhir hari atau waktu kerja/shift, kamu tinggal klik "Tutup Kasir" untuk melakukan penyocokkan cash yang ada selama waktu kerja/shift yang dimaksud.

  • Saat kamu klik "Tutup Kasir", selanjutnya kamu masuk ke halaman Penerimaan Aktual. Penerimaan aktual maksudnya adalah jumlah cash fisik yang tersedia.
    Pada bagian ini kamu bisa masukkan "Tunai Diterima" sesuai dengan jumlah uang tunai yang kamu terima selama penjualan hari ini, termasuk uang modal atau uang petty cash. Sedangkan pembayaran nontunai saat ini akan otomatis terisi dengan update an aplikasi versi terbaru kali ini.

    Catatan Penting :

  • Jika kamu sudah menggunakan Qasir Pro, kamu bisa mengaktifkan fitur terbaru kami yaitu "Sembunyikan Selisih dan Penerimaan" fitur tersebut difungsikan untuk menyembunyikan pendapatan yang sudah terakumulasi di sistem, sehingga pegawaimu bisa menghitung pendapatan yang ada dilaci kasirmu tanpa mengetahui berapa yang terhitung di sistem.

  • Caranya, pilih Pengaturan - lalu klik Pengaturan Rekap Kas - Kemudian aktifkan tombol Sembunyikan Selisih dan Penerimaan.

  • Namun untuk pengaturan ini hanya bisa diakses oleh akun Pemilik saja.
    Jadi kalau di akun pemilik sudah diatur "Sembunyikan Selisih dan Penerimaan" maka pegawaimu bisa melakukan tutup kasir tanpa mengetahui berapa pendapatan yang sudah tercatat di sistem Qasir.


  • Jika sudah sesuai, klik "Tutup Kasir" dan "Konfirmasi".

  • Selanjutnya kamu cukup melihat, apakah sesuai dengan Penerimaan Sistem dengan Penerimaan Aktual kamu hari itu?

  • Jika sesuai maka hasilnya adalah nol (0). Namun jika terdapat selisih, kamu bisa mencari tahu apakah ada transaksi yang belum tercatat, atau sebaliknya, apakah ada pengeluaran yang lupa dicatat sebagai kas keluar.

  • Setelah kamu melakukan penutupan rekap kas maka otomatis rekap kas akan tertutup, Jika kamu ingin melakukan rekap kas kembali, kamu tinggal mengulangi proses tadi.

  • Semua Rekap Kas akan langsung terdata juga di Laporan Kelola Kas pada Qasir Backoffice. Klik link ini untuk mengetahui cara cek Kelola Kas melalui Qasir Backoffice.

Kalau masih ada pertanyaan seputar Rekap Kas, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Qasir melalui Live Chat di Bantuan Qasir maupun Website Qasir https://bantuan.qasir.id dan Contact Center hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru dari Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?