Saat ini di aplikasi Qasir sudah bisa menggunakan Pembayaran Online untuk transaksi. Pembayaran online ini adalah tambahan opsi pembayaran bagi pengguna Qasir sehingga pelangganmu lebih leluasa memilih metode pembayaran.

Pembayaran Online di aplikasi Qasir bekerja sama dengan Xendit, platform payment gateway yang terpercaya yang akan membantumu memudahkan transaksi online di aplikasi Qasir.

Bagaimana Mengaktifkan Pembayaran Online di aplikasi Qasir?

  1. Untuk dapat mengaktifkan pembayaran online, kamu dapat masuk ke dalam menu transaksi lalu melakukan transaksi penjualan seperti biasa hingga ke bagian pembayaran.


    Selanjutnya pilih Pembayaran Online untuk di mengaktifkan fitur ini. Ini cuma perlu dilakukan sekali saja.

  2. Klik Aktifkan Sekarang. Yang bisa melakukan aktivasi Pembayaran Online ini hanya Owner dan Supervisor.

3. Kemudian, akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan. Baca sampai habis, lalu klik Setuju dan Lanjutkan.

4. Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan Pembayaran Online untuk usahamu. \

Cara Menggunakan Pembayaran Online pada saat Transaksi.

1. Masuk ke menu transaksi penjualan dengan pilih Transaksi

2. Masukkan produk yang diinginkan pelanggan, kalau sudah semua, klik tombol Tagih.

3. Kamu akan diarahkan ke beberapa pilihan pembayaran. Pilih Pembayaran Online.

Note: Pembayaran Online bisa di lakukan dengan minimal transaksi Rp10.000 apabila transaksi dibawah Rp10.000 akan muncul pop up peringatan bahwa transaksi belum mencapai miminum transaksi.

4. Ada beberapa pilihan Pembayaran Online yang bisa kamu pilih. Mulai dari terima transfer Virtual Account dari Mandiri, BNI dan BRI, serta kartu debit atau kredit tanpa perlu mesin EDC.


Pembayaran online juga bisa dilakukan dengan scan QR Code bank yang sesuai dengan pelangganmu.

5. Ketika transaksi berhasil, akan muncul keterangan bahwa Pembayaran Berhasil dan tampil label Pembayaran Online.

Lalu bagaimanakah jika transaksi tersebut belum dibayarkan oleh pelangganmu ?

Transaksi yang belum dibayar, akan disimpan di halaman “Menunggu Pembayaran”.

Catatan:

  • Kamu masih bisa membatalkan transaksi pelanggan yang belum membayar. Jika kamu mengklik Batalkan, maka akan muncul tampilan konfirmasi sebelum status transaksi berubah jadi "Dibatalkan".

  • Jika pelangganmu tidak melakukan pembayaran hingga batas pembayaran habis, maka status transaksi berubah menjadi “Batal” secara otomatis dengan dilengkapi alasan pembatalan adalah “Expired Link”.

  • Jika transaksi dibatalkan, transaksi tidak akan tercatat pada halaman “Riwayat Transaksi”, sehingga untuk nilai transaksi tidak akan tercatat pada halaman “Detail Saldo” dalam “Saldo Pending”.

  • Jika pelangganmu telah melakukan pembayaran, maka transaksi akan hilang dari halaman “Menunggu Pembayaran”. Transaksi akan tercatat pada halaman Riwayat Transaksi. Nilai transaksi akan tercatat pada halaman “Detail Saldo” dalam “Saldo Pending” dan “Uang Masuk“.

Cara Mengetahui Saldo Hasil Transaksi Pembayaran Online

Untuk transaksi pembayaran online dengan Xendit semuanya akan tercatat di sistem aplikasi Qasir.

Jadi kamu dapat melakukan pengecekannya dengan cara masuk ke halaman Dashboard Saldo, selanjutnya kamu dapat melihat Saldo Aktif, Saldo Pending, dan list dari Transaksi Berhasil metode Pembayaran Online.

Catatan Penting:

  1. Disbursement saldo Virtual Account akan dilakukan H+2 setelah settlement dan Kartu Kredit akan di lakukan H+9 setelah settlement

  2. Untuk transaksi Pembayaran Online akan dikenai biaya settlement (MDR) Virtual Account, Kartu Kredit dan Gerai Retail yang akan dikenakan per transaksi, sebagai berikut:

  • Virtual Account (VA): Rp 3.400 - 3.800

  • Kartu kredit (CC): 2,8% + Rp 1.800

  • Gerai Retail (Alfamart): Rp 5000

Bagaimanakah pencatatan Pembayaran Online di tampilan Rekap Kas?

Pembayaran online juga akan tercatat di menu Rekap Kas. Jadi, saat kamu akan melakukan Rekap Kas (tutup kasir), akan muncul pencatatan tersendiri untuk metode pembayaran yang menggunakan Pembayaran Online.

Jika masih ada pertanyaan seputar Pembayaran Online, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id. Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?