Kalau sebelumnya kamu sudah menggunakan fitur nomor meja ketika menyimpan transaksi, saat ini kamu bisa menentukan Pengaturan Meja untuk transaksi yang akan kamu simpan. Berikan Notes pada tiap transaksi yang akan disimpan.

Cara Mengaktifkan Fitur Pengaturan Meja

Untuk bisa menggunakan fitur tambahan Pengaturan Meja, kamu bisa berlangganan melalui menu Katalog Fitur di aplikasi.

Cara bayarnya bisa menggunakan pulsa, GoPay, credit & debit card, serta saldo GooglePlay.

Adapun paket berlangganan yang tersedia:

  • Masa aktif 12 bulan sebesar Rp180.000,-

  • Masa aktif 24 bulan sebesar Rp300.000,-

Cara Mengatur Fitur Pengaturan Meja

Kalau kamu sudah mengaktifkan fitur Pengaturan Meja maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan untuk masing-masing outlet agar fitur ini bisa digunakan pada saat melakukan transaksi.

Caranya seperti berikut:

  • Buka Drawer pada Beranda aplikasi Qasir lalu pilih menu Pengaturan Meja.

  • Jika sudah berada di halaman Pengaturan Meja maka akan muncul 6 default meja yang sudah disediakan.

  • Jika kamu ingin mengubah urutan meja kamu bisa klik Ubah Urutan, selanjutnya kamu bisa ubah dengan cara menekan lama nomor meja, lalu geser. Kemudian klik Simpan.

  • Jika kamu ingin menambahkan meja kamu bisa klik Tambah Meja lalu akan muncul kolom yang bisa kamu isi dengan nomor meja yang akan kamu tambahkan. Kemudian klik Tambah.

  • Jika kamu ingin mengganti atau menghapus nomor meja, silakan klik salah satu meja, lalu akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Menggunakan Fitur Pengaturan Meja Saat Transaksi

  1. Masuk ke halaman Transaksi kemudian klik icon Meja yang ada di bagian bawah.

  2. Pilih meja yang akan ditempati oleh pelanggan. Jika sudah ditentukan kemudian klik Pilih.

    Catatan: Jika meja yang dipilih sudah terisi sebelumnya maka akan muncul notifikasi bahwa meja sudah terisi dan kamu akan diarahkan untuk mengosongkan meja terlebih dahulu atau pesanan yang sudah ada sebelumnya akan tereset secara otomatis.

  3. Selanjutnya kamu bisa pilih item produk yang akan ditambahkan ke keranjang kemudian klik Simpan.

  4. Lalu akan muncul kolom yang bisa kamu pilih.

    Jika transaksinya ingin langsung disimpan kamu bisa klik Langsung Simpan. Namun jika kamu ingin menambahkan keterangan atau mengubah penempatan mejanya kamu bisa klik Tulis Keterangan atau Nomor Meja. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut

  5. Jika transaksi sudah berhasil disimpan dan pelanggan ingin melakukan pembayaran, kamu bisa kembali ke halaman Transaksi kemudian klik icon yang diberi tanda panah.

  6. Akan tampil daftar transaksi yang sudah disimpan sebelumnya. Di sini kamu bisa pilih transaksi mana yang akan kamu lanjutkan ke keranjang. Khusus untuk transaksi simpan yang menggunakan Pengaturan Meja akan diberi tanda atau petunjuk seperti yang diberi tanda panah.

  7. Pilih transaksi, lalu klik Lanjutkan ke Keranjang.

  8. Jika transaksi yang tertunda sudah muncul kembali di keranjang maka bisa klik Bayar untuk melanjutkan pembayaran.

  9. Di halaman ini kamu dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan oleh pelangganmu untuk bisa menyelesaikan pembayaran. Jika pelanggan ingin membayar secara Tunai kamu bisa klik Tunai.

  10. Jika sudah muncul tampilan berikut maka transaksi berhasil diselesaikan.

    Catatan:

    • Pada halaman transaksi kamu bisa pilih pengaturan mejanya terlebih dahulu baru kemudian masukkan produk ke keranjang atau sebaliknya, masukkan produk ke keranjang terlebih dahulu baru pilih nomor meja.

    • Sebelum kamu klik Simpan atau menyelesaikan pembayaran pada transaksi yang sudah diberi nomor meja, transaksi tersebut tidak akan tercatat.

    • Nomor Meja akan tertera di struk Cetak Tiket Pesanan jika struk tersebut dicetak melalui halaman transaksi tersimpan.

    • Jika awalnya kamu melakukan transaksi secara online, namun transaksi seketika berubah menjadi offline, kamu tetap bisa membuka halaman tersebut dan memilih meja, asalkan pada saat membuka halaman Pilih Meja kamu tidak menutup aplikasi.

    • Untuk fitur Pengaturan Meja belum tersedia laporannya. Laporan akan terlihat seperti laporan penjualan produk seperti biasa.

    • Jika masa aktif berlangganan fitur Pengaturan Meja kamu telah habis maka kamu tetap bisa melakukan simpan transaksi namun tidak bisa memilih meja dari menu Pengaturan Meja. Icon meja yang ada dihalaman transaksi juga tidak muncul.

    • Khusus device Tablet dengan OS android 5 dan 9 silakan lakukan klik Sinkronisasi terlebih dahulu di menu Pengaturan pada aplikasi setelah melakukan pembelian fitur tambahan Pengaturan Meja.

Jika masih ada pertanyaan seputar penggunaan aplikasi Qasir, kamu dapat langsung hubungi Customer Happiness Team Qasir melalui Live Chat di fitur Bantuan pada aplikasi maupun di Website Qasir https://bantuan.qasir.id.

Kamu juga bisa mengirim email ke Contact Center Qasir di hello@qasir.id.

Jangan lupa follow instagram @qasir.id untuk mengetahui informasi terbaru tentang Qasir.

Apakah Anda menemukan jawaban?